021 8690 6777
0812 9049 9480
 
Home   »   Blog
 
 
alatperagamatematikaperingkat11.JPG

Dahsyat Motivasi Belajar dengan Alat Peraga Matematika



Belajar adalah hal yang selalu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari belajar formal sampai  non-formal. Nah pelajaran formal ini yang sering kali dilanda oleh problematika proses belajar dan rasa malas untuk belajar.

 

Oleh karena itu perlu adanya bentuk pembelajaran dengan metode baru untuk meningkatkan keinginan     belajar para pelajar pelajar khusunya kategori pelajar anak-anak. seperti playgroup, taman kanak-anak, sekolah dasar (SD) yaitu dengan menggunakan Alat Peraga Matematika.

 

Kegiatan belajar dengan Alat Peraga Matematika selain meliputi pelajar playgroup, taman kanak-anak, dan sekolah dasar (SD). Kegiatan belajar juga meliputi kategori dari kalangan para pelajar menengah keatas, seperti SMA/SMK/STM, UNIVERSITAS, AKADEMI, dll.

 

Khusus untuk universitas dan akademi, dalam proses belajar mengajarnya juga menggunakan Alat Peraga Matematika. Alat peraga ini digunakan demi menunjang pengetahuan dan wawasan lebih mendalam untuk para pelajar yang berada didalam proses belajar mengajar pada kelas tertentu.


Alat Peraga Matematika dalam lingkup akademi dan univeriitas lebih dikenal dengan alat peraga universitas. Beberapa alat peraga pada alat peraga universitas, seperti alat peraga fisika, alat peraga matematika , alat peraga biologi, alat peraga tenkin, dll.

 

Semua alat peraga ini biasanya digunakan serta disesuaikan berdasarkan materi dan atau pelajaran yang di sampaikan pada setiap universitas atau akademi. Menurut penelitian-penelitian para analisis perkembangan tumbuh kembang anak dan analisis sifat,sikap, kepribadian umum manusia.

 

kegiatan dengan metode pembelajaran praktikum dan audio visualisasi lebih bisa diterima oleh otak, karena proses otak akan mendeteksi bahwa cara pembelajaran menyenangkan. Jika di presentasikan 80% kerja otak manusia lebih dapat menerima bentuk pergerakan, suara, dan tampilan gambar atau video.

 

Kagiatan mendukung penyampaian  materi yang di sampaikan pada saat pembelajaran dan lebih canggihnya, kegiatan  ini sangat jelas memotivasi dan motivasi terus meningnkat. Sehingga para pelajar pelajar lebih termotivasi dan tertanamkan jiwa untuk lebih menyukai , mencintai serta berkeinginan belajar lebih dalam lagi akan apa yang sedang dipelajari.


 Kalau belajar dalam lingkup universitas sudah termotivasi dan para pelajar yang ada didalamnya menjadi lebih semangat belajar, ”Apa kabar dengan playgroup, taman kanak-anak dan sekolah dasar?”

 

Ini merupakan kelebihan dari proses pembelajaran dengan menggunakan Alat Peraga Matematika, alat peraga biologi, dan alat peraga bahasa.

http://www.alatperaga.com/products/thumbs/200_200_MODEL_BILANGAN_JAM_%28AP-MAT-SLTP2%29.jpg


Ditinjau dari penelitian di atas, anak-anak akan lebih merasa nyaman, aman, menyenangkan, dan meningkatkan adrenalin mereka. Saat mereka berkecimpung di dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga, kalau sudah seperti ini pasti mereka termotivasi.
Berikut ini factor  yang disukai anak-anak :

  • Gambar
  • Warna cerah
  • Suara music
  • Puzzle
  • Bermain
  • berceloteh

 

faktor-faktor diatas merupakan kegiatan yang disukai  anak-anak, sehingga anak dapat termotivasi dan merasa nyaman dan menyenangkan dalam proses belajar . oleh karena itu penggunaan Alat Peraga Matematika dalam proses belajar matematika baik digunakan guna memotivasi proses belajar anak serta memberikan gambaran yang menyenangkan mengenai pelajaran matematika.     


(ino/thc)