021 8690 6777
0812 9049 9480
 
Home   »   Blog
 
 
metalurgi1.jpg

Apa Itu Metalurgi dan Pengertiannya



“Apa itu Metalurgi?”. Metalurgi dapat kita mengerti sebagai ilmu yang mempelajari suatu characteristic (karakter), Metallic Properties (sifat logam), dan Metallic Behavior (perilaku logam). Semua spesifikasi sifat tersebut ditinjau dari kekuatan, kekerasan, ketahanan, dll.

 


Spesifikasi dan sifat mekanis lainnya. Seperti spesifikasi dari segi sifat fisik, kimiawi dan teknologi.

 

 

 

 

Fisik         : Masa susut, Masa jenis, Panas, Magnetik, Optik, dll.

Teknologi  : kegiatan atas logam seperti dicor, diolah mesin, dibentuk, dikeraskan, disambung, dll.

Kimiawi    : korosi (karat), masa, ketahanan, pengikisan, dll.

 

Dalam pendidikan ilmu metalurgi dasar dari pada sifat-sifat yang dimiliki suatu logam, baik logam murni atau pun logam campuran akan mengalami relasi antara satu dengan lainnya. Bentuk aplikasi komponen dengan bahan dasar logam akan sangat berpengaruh dan menentukan penggunaannya.

 

Karena dalam pengaplikasiannya komponen berbahan dasar logam ini, sangat penting diketahui dasar karakteristik yang dimiliki logam itu sendiri. Khususnya untuk orang yang menggunakan dan memperlajari mengenai ilmu metalurgi (berperan).

 

Dalam dunia pendidikan pun ilmu ini digunakan dalam ruang lingkup universitas atau yang biasa kita kenal dengan lingkungan perkuliahan khususnya pada bidang kimia, fisika, matematika, dan engineering. Umunya kegiatan perkuliahan dalam bidang ini didukung oleh alat peraga universitas untuk memaksimalkan pemahaman materi dan pelaksanaan materi yang diterapkan pada kelas perkuliahan.

https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/1174679_1418695548351888_1449019134_n.jpg

 

 

Pengertian Teknik Metalurgi

Teknik ini merupakan bidang ilmu dengan mengandalkan prinsip-prinsip ilmu fisika, matematika, kimia dan proses pengaplikasian engineering yang ditangani oleh engineering itu sendiri untuk menjelaskan secara rinci dan detail mengenai kejadian serta analisa proses pengolahan satuan bentuk mineral, proses ekstraksi logam juga pembuatan perpaduan bahan, analisa hubungan perilaku sifat logam dalam strukturnya. Saat proses berlangsung kejadian-kejadian proses penguatan atau pemanasan terhadap logam dengan kejadian failure progress (kegagalan proses), degradasi (penurunan ketahanan) pada logam.

 

Penggunaan ilmu metalurgi ini cukup luas selain dipelajari pada bidang pendidikan ilmu ini juga dipergunakan pada bidang pendikan, teknik, dll. Seperti praktikum teknik, training engineering, pengolahan material hasil galian (seperti batu bara, emas, logam, dll), proses ekstraksi logam dan juga pemurnian pada logam, panas logam dalam tahap pembentukan logam, memperlajari mengenai teknologi pengoperasian serta perancangannya berdasarkan sistem-sistem metalurgi.


Kegiatan-kegiatan pemurnian umunya didukung dengan alat peraga pemurnian yang dilakukan saat mengalami proses kegagalan, kondisi degradasi, penurunan ketahanan material, perubahan struktur material. Setelah itu para engineering dapat membuat analisa dan keluaran hasil analisa bedasarkan kegiatan yang ada.

 

(ino/thc)