021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
alatperagamatematika2.jpg

Alat Peraga Matematika Tentukan Perhitungan Nilai Absolute

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Angka, koma, sigma, akar, pangkat, phytagoras, pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, dan banyak lagi macam perumusan perhitungan matematika. Semua perhitungan dilakukan berdasarkan angka dan rumus-rumus yang dipergunakan.

Untuk mempermudah kita memahami, kita ambil contoh perhitungan perkalian, penjumlahan, pembagian, pengurangan. Kegiatan perhitungan ini kita pergunakan dalam kegiatan sehari-hari entah itu perhitungan saat kita berbelanja di pasar swalayan atau pun memperhitungkan waktu tempuh dan waktu yang telah berlalu.

Perhitungan sangat melekat dalam kehidupan kita akan tetapi untuk kalangan dewasa umumnya kita lihat mereka menggunakan alat bantu menghitung menggunakan calculator, penggunaan kalkulator ini biasanya sering sekali kita lihat dipasar tradisional untuk membantu mempercepat transaksi mereka. Pertanyaannya adalah apakah semua itu selalu absolute.

Tapi lain halnya perhitungan yang dilakukan pada dunia pendidikan seperti TK (Taman Kanak-anak), Playgroup, SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), bahkan sampai Universitas. Mereka memerlukan hasil perhitungan yang tepat (absolute).

Oleh karena itu dalam dunia pendidikan banyak menggunakan alat peraga matematika dalam kegiatan belajar mengajar mereka. Penggunaan alat ini bertujuan untuk mengukung penyampaian materi perhitungan yang dipelajari sampai kepada pelajar/mahasiswa, sehingga mereka dapat menerima apa materi yang telah di sampaikan.

Penggunaan alat peraga matematika sebagai sarana pendukung bermacam-macam bentuk dan fungsinya, oleh karenanya alat peraga ini digunakan sebagai sarana pendukung disesuaikan dengan kebutuhan perhitungan matematika yang dibutuhkan.

Pada umumnya alat peraga matematika banyak digunakan pada pelajaran matematika yang membutuhkan nilai absolute dan memastikan kebenaran rumus-rumus yang ada telah ada dengan mempraktekannya dengan alat peraga pendukung perhitungan ini.

Alat peraga matematika umumnya dilakukan secara manual, kegiatan perhitungan ini tidak hanya menghasilkan serta mengungkap rumus-rumus yang ada. Alat peraga ini secara tidak langsung juga dapat melatih sensor motorik terhadap penggunanya. Biasanya dalam konteks melatih sensor motorik dilakukan pada anak-anak pada dunia pendidikan masuk kedalam pendidikan TK  dan Playgroup.

Alat peraga matematikan merupakan solusi untuk mengupas tuntas rumus-rumus yang sulit dimengerti apa bila dipelajari melalui pembelajaran teori tetapi akan lebih dimengerti apabila dipelajari dengan cara praktik.

(rino/alatperaga.com)