021 8690 6777
0812 9049 9480
 
Home   »   Blog
 
 
metalurgi.jpg

Cara Mengenali Metalurgi pada industri Modern



Seperti yang kita ketahui pada artikel sebelumnya bahwa Metalurgi merupakan ilmu yang mempelajari suatu characteristic (karakter), Metallic Properties (sifat logam), dan Metallic Behavior (perilaku logam). Semua spesifikasi sifat tersebut ditinjau dari kekuatan, kekerasan, ketahanan, dll.


Berdasarkan perkembangan teknologi dan informasi, Metalurgi pada industri modern hadir dapat kita kenali dengan cara memperhatikan 3 point contoh dibawah ini:

 

  • Sebuah Gear (Roda gigi) pada mesin yang harus berputar secara terus menerus dengan putaran berkecepatan tinggi dan mendapatkan beban yang cukup berat, apabila terbuat dari unsur logam yang lunak (perunggu, kuningan, tembaga campuran) saat mengalami gesekan akan mudah lecet atau tergores. Tetapi sebaliknya bila terbuat dari unsure logam yang keras walaupun tahan akan aus dapat memungkinkan sering terjadi pecah karena getas (rapuh). Untuk mengatasi hal-hal seperti ini maka harus dibuat dengan unsure logam yang dapat mengeras atau diperkeras pada permukaan dengan tujuan, bagian dalam sampai terdalam tetap solid hingga tidak mudah pecah sedangkan bagian luar akan tetap dalam kondisi keras hingga tidak cepat aus.

 

  • Alat pemotong kertas yang dipergunakan dipabrik kertas, alat pemotong kertas yang bermutu tinggi memiliki standarisasi seperti harus mempunyai tingkat kekuatan dan kekerasan yang tinggi agar mampu memotong kertas dalam jumlah yang sangat banyak sekali pun tanpa adanya gangguan.

 

  • Sebuah selongsong peluru berbentuk silinder yang berbentuk botol apabila langsung disusun menumpuk atau dalam posisi seharusnya, maka berdasarkan jangka waktu tertentu akan terjadi retak terhadap leher selongsong peluru tersebut. Hal ini akibat dari terjadinya pembentukan yang meninggalkan tegangan sisa yang sangat besar. Retakan yang terjadi dapat terjadi kapan pun atau seketika setelah beberapa waktu (detik,menit,jam, hari, bulan atau pun tahun). Cara untuk mengatasinya ialah dengan melakukan pemanasan dengan ilmu metalurgi tentunya, maka tegangan yang tersisa akan sangat kurang hingga tidak menimbulkan retak lagi.



Dari beberapa contoh diatas, seseorang metalurgis dapat berperan dalam keadaan tersebut. Dengan didukung ilmu metalurgi yang mereka miliki mereka dapat menempatkan fungsi mereka dalam kondisi seperti contoh diatas.


Ada pun alat peraga metalurgi yang dapat dipergunakan dalam kegiatan para metalurgis atau pun dalam kegiatan pelatihan untuk para calon metelurgis. Biasanya alat peraga digunakan guna mendukung pemahaman penerapan materi agar sampai kepada para calon metalurgis.

 

(rino/alatperaga.com)