021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
alatperagatradisional.jpg

Alat Peraga Matematika Tradisional

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Seperti kita ketahui pada jaman modernisasi ini semakin banyak teknologi yang berperan dalam proses pengembangan anak-anak, mulai dari ilmu alam,  sejarah, ragam bahasa,  sampai dengan matematika.

 

Mari kita membahas bagaimana alat peraga matematika berperan pada anak-anak dalam pelajaran matematika mereka yang pada umumnya di anggap sulit, membingungkan tetapi menjadi sangat menyenangkan dan memacu mereka untuk mempelajarinya.

 

Kita bisa ambil contoh dari kegiatan belajar pada sekolah-sekolah yang letak geografisnya terletak pada pedalaman dari pusat kota. Mereka mempelajari kurikulum dan materi pembelajaran sesuai dengan materi yang ada pada sekloah tersebut.

 

Mereka belajar berbagai macam mata pelajaran dengan bergembira, tetapi perlu kita ketahui untuk pelajaran-pelajaran umum seperti  matematika, fisika, kimia, olah raga, akan menjadi optimal apabila teori dan materi yang disampaikan oleh pengajar kepada muridnya, dipraktekkan dalam sebuah kegiatan belajar mengajar.

 

Oleh karenanya dalam pelajaran matematika akan sangat banyak sekali kegiatan yang meliputi perhitungan dan angka-angka, kegiatan yang berulang setiap harinya dengan perhitungan dan angka secara tidak langsung akan membuat anak-anak yang mempelajarinya jenuh.

 

Maka alat peraga matematika tradisional disini akan memberikan peran penting dalam motivasi untuk belajar dan alat pendukung untuk memberikan pengarahan kepada anak-anak cara yang menyenangkan.

 

 

Alat peraga matematika memang terlihat sepele dan seakan tidak begitu berpengaruh, y benar tidak berpengaruh kalau kita melihatnya hanya dari satu sisi. Apabila kita melihat dari sisi psikis anak dan kenyamanan anak dalam kegiatan belajar mereka. Secara tidak langsung atau langsung kita dapat menyampaikan materi matematika yang anak-anak anggap pusing menjadi sebuah kebutuhan dan kecintaan terhadap mata pelajaran matematika ini sendiri.

 

apabila anak didik yang sudah mengenal alat peraga matematika tradisional pastinya mereka akan membentuk pemikiran bahwa pelajaran yang mereka pikir membingungkan dan membuat mereka pusing tujuh keliling menjadi sebaliknya, mereka akan lebih menyukai pelajaran matematika karena cara belajarnya yang asik dan menyenangkan.

 

Penggunaan alat peraga  tidak hanya berperan dalam kegiatan belajar yang memfokuskan kepada mata pelajaran matematika itu sendiri, alat peraga ini juga dapat berperan membentuk kepribadian pada anak-anak untuk berkerja sama dan saling berbagi saat didalam kegiatan belajar mereka.

 

(rino / alatperaga.com)