021 8690 6777
0812 9049 9480
 
Home   »   Blog
 
 
image001.jpg

Alat Peraga Trainer Mikrokontroller



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer mikrokontroler yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran mikroprosesor  selain itu bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan jobsheet  oleh siswa dalam penggunaan trainer  dan jobsheet mikrokontroler yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran mikroprosesor.

 

Mikrokontroler adalah suatu mikroprosesor plus. Mikrokontroler adalah otak dari suatu sistem elektronika seperti halnya mikroprosesor sebagai otak komputer. Nilai plus bagi mikrokontroler adalah terdapatnya memori dan Port Input/Output dalam suatu kemasan IC yang kompak. Kemampuannya yang programmable, fitur yang lengkap (ADC internal, EEPROM internal, Port I/O, Komunikasi Serial, dll), dan juga harga yang terjangkau memungkinkan mikrokontroler digunakan pada berbagai sistem elektronis, seperti pada robot, automasi industri, sistem alarm, peralatan telekomunikasi, hingga peralatan rumah tangga.

 

Melalui artikel ini, pembaca dapat mengenal, memahami, dan mengetahui karakteristik dari mikrokontroler seri ATmega8535, salah satu jenis mikrokontroler AVR yang terpopuler dan terlengkap fasilitasnya. Dipahaminya salah satu jenis mikrokontroler AVR memungkinkan pembaca dapat memahami keseluruhan mikrokontroler jenis AVR karena kesamaan instruksinya

 

trainer merupakan salah satu media pembelajaran visual (ini versi saya) kalau cetak ya pasti bukan. Trainer mikrokontroler ATMEGA ini merupakan trainer keluarga AVR produk dari ATMEL yang biasanya digunakan untuk latihan membuat berbagai aplikasi elektronika yang berbasis pemrograman. Dengan menggunakan trainer mikrokontroler ini siswa lebih mudah dalam merencanakan berbagai aplikasi tanpa harus membuat rangkaian dari awal. Trainer ini bisa saya anggap sebagai prototype awal sebuah aplikasi elektronika yang murah, efektif dan efesien.

Trainer ini dirancang untuk pembelajaran pemrograman mikrokontroller AVR Atmega8535.  Program dibuat pada komputer menggunakan software BASCOM-AVR dan AVR-Studio. Download program ke mikrokontroller menggunakan sambungan kabel USB.

Trainer ini sangat praktis dan lengkap untuk belajar trainer mikrokontroller, hanya dengan dua board ini saja dapat dilakukan banyak percobaan aplikasi pemrograman mikrokontroller.