021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
tabung_reaksi.jpeg

Alat PeragaTabung Reaksi atau Test Tube

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Fungsi utama dati tabung reaksi adalah sebagai tempat untuk mereaksikan zat - zat kimia di dalam laboratorium. Tabung reaksi terbuat dari kaca bening dengan tujuan agar reaksi kimia yang terjadi dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, biasanya tabung reaksi ini juga dibuat tahan api agar reaksi - reaksi yang menggunakan api dapat dilakukan tanpa harus memindahkan zat kimia yang telah terisi di dalam tabung. Dengan tabung reaksi ini kita dapat melihat reaksi - reaksi kimia dengan jelas, diantaranya titrasi asam - basa, reaksi reduksi, reaksi oksidasi, dll.

Tabung reaksi atau Test Tube banyak digunakan oleh ahli kimia untuk menahan, campuran, atau jumlah kecil panas bahan kimia padat atau cair, terutama untuk percobaan kualitatif dan tes. Putaran bawah dan sisi lurus meminimalkan kehilangan massa ketika menuangkan, membuat mereka lebih mudah untuk membersihkan, dan memungkinkan pemantauan nyaman dari isi. Panjang, leher sempit memperlambat penyebaran uap dan gas ke lingkungan.

Sebuah tabung reaksi atau Test tube diisi dengan air dan terbalik ke dalam gelas berisi air sering digunakan untuk menangkap gas, misalnya dalam demonstrasi elektrolisis.
Sampel darah manusia dikumpulkan untuk tes darah.

Tabung biakan sering digunakan dalam biologi untuk penanganan dan kultur semua jenis organisme hidup, seperti jamur, bakteri, bibit, stek tanaman, dll, dan dalam bidang kedokteran dan forensik untuk menyimpan sampel darah atau cairan lainnya.

Sebuah tabung reaksi dengan stopper sering digunakan untuk penyimpanan sementara sampel kimia atau biologi.
 
Tabung reaksi biasanya diselenggarakan di tujuan khusus rak, klem, atau penjepit. Beberapa rak untuk Test Tube biakan dirancang untuk menahan Test Tube dalam posisi hampir horisontal, sehingga untuk memaksimalkan permukaan media kultur dalam.

Tabung reaksi kadang-kadang dimanfaatkan untuk penggunaan kasual di luar lingkungan laboratorium, misalnya sebagai vas bunga, gelas untuk gambar lemah tertentu, atau wadah untuk rempah-rempah.

Dimana sejumlah besar tes dijalankan atau hanya sejumlah kecil tersedia untuk pengujian, atau keduanya, piring mikro, piring manotiter, atau piring picotiter sering digunakan sebagai tabung reaksi kecil.