021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
amf020-226x300.jpg

Pengukur Getaran - Vibration Meter

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Getaran adalah gerakan teratur benda secara bolak-balik dengan kedudukan yang seimbang. Getaran juga dikenal sebagai vibrasi. Vibrasi adalah suatu factor fisik yang menjalar ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan tubuh bergerak dengan teratur lantaran emnggunakan alat atau mesin yang bergerak tersebut. Getaran semacam ini timbul pada saat motor mesin digunakan untuk aktifitas pekerjaan-pekerjaan tertentu. Lazimnya, getaran ini dirasakan oleh para pekerja yang bekerja dengan menggunakan mesin yang mempergunakan motor penggerak seperti gergaji mesin, mesin pemotong rumput, mesin pengebor industry, dan lain sebagainya. Bahaya yang ditimbulkan dari getaran ini antara alian adalah kerusakan pada persendian tulang-tulang dan kelainan yang terjadi pada sistem saraf, serta nyeri pinggang.

 

Getaran yang terjadi pada setiap peralatan sangatlah berpengaruh terhadap umur(life time) alat tersebut. Banyak terjadi kerusakan alat atau sistem dikarenakan besarnya getaran yang terjadi selama alat/sistem tersebut beroperasi.  Kerusakan alat/ sistem di Industri  berdampak besar pada kelancaran proses  produksi dan ujung-ujungnya adalah penurunan profit perusahaan. Berdasarkan kondisi tersebut maka pengamatan getaran berlebih yang terjadi pada setiap peralatan perlu dilakukan untuk mengetahui besarnya getaran sehingga dapat dilakukan langkah antisipasi.

 

Analisa kualitas struktur sebuah bahan dapat dilakukan dengan mengamati getaran sebuah benda. Pengukuran frekuensi natural adalah salah satu contoh yang biasa dilakukan untuk menentukan kadar kerusakan benda (kekeroposan) pada aspek predictive maintenance peralatan industri ( Nogueira F, Barbosa F, 2004).

 

Untuk menghindari bahaya dari efek getaran mesin-mesin tersebut diperlukan Vibration Meter, alat pengukur getaran yang digunakan untuk mengukur getaran. Dengan penggunaan vibration meter akan diperoleh hasil yang dapat dibandingkan atau disesuaikan dengan nilai ambang batas getaran yang telah ditetapkan Menteri tenaga Kerja.

 

vibration meter biasanya bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa dan dioperasikan dengan battery serta dapat mengambil data getaran pada suatu mesin dengan cepat. Pada umumnya terdiri dari sebuah probe, kabel dan meter untuk menampilkan harga getaran. Alat ini juga dilengkapi dengan switch selector untuk memilih parameter getaran yang akan diukur.  Vibration meter ini hanya membaca harga overall (besarnya level getaran) tanpa memberikan informasi mengenai frekuensi dari getaran tersebut. Pemakaian alat ini cukup mudah sehingga tidak diperlukan seorang operator yang harus ahli dalam bidang getaran. Pada umumnya alat ini digunakan untuk memonitor “trend getaran” dari suatu mesin.