021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
200_200_sarap_manusia.jpg

Sistem Saraf Manusia

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Mengenal berbagai jenis saraf manusia. Ada tiga jenis utama dari saraf manusia dalam tubuh: saraf sensorik, saraf motorik, dan saraf tulang belakang. Jenis saraf manusia dibedakan satu sama lain berdasarkan pada neuron mereka. Neuron adalah sel saraf yang merespon terhadap rangsangan luar berdasarkan secara elektrik dan sinyal kimia jaringan sel yang terkait dalam sistem saraf pusat. Setiap jaringan saraf memiliki fungsi yang berbeda.

 

Saraf manusia yang memungkinkan orang untuk melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan rasa saraf sensorik. Neuron sensorik diaktifkan oleh input eksternal. Sebagai contoh, ketika seseorang menyentuh bahan kasar, sel-sel saraf sensorik mengirimkan impuls listrik ke sistem saraf pusat dan otak dimana impuls diinterpretasikan sebagai persepsi kekasaran. Saraf ini adalah satu-satunya saraf manusia yang menanggapi persepsi sensorik fisik seperti terang dan gelap, kebisingan, panas, dan tekstur.

 

Saraf motorik adalah saraf manusia yang mengontrol gerakan sukarela. Saraf ini berasal dari otak atau sumsum tulang belakang dan innervasi, atau menyediakan saraf yang menuju ke, semua otot dalam tubuh. Saraf motorik bekerja dengan mengirimkan impuls dari sumsum tulang belakang atau otak ke otot-otot. Impuls tersebut menyebabkan otot-otot untuk memperluas atau berkontraksi, kemudian memfasilitasi gerakan.
Dalam saraf motorik, ada tiga jenis neuron yang mengangkut sinyal gerak dikirim oleh otak dan sumsum tulang belakang. neuron Somatik motorik yang terhubung ke otot-otot yang mengontrol pergerakan pada lengan, kaki dan otot perut. Khusus neuron motor viseral merangsang gerakan di wajah dan leher. Akhirnya, general neuron viseral motorik membangkitkan jantung dan arteri.

 

Saraf tulang belakang juga disebut saraf campuran karena mereka menggabungkan fungsi sensorik dari saraf sensorik dan fungsi gerakan saraf transportasi. Tulang belakang manusia mengandung 31 pasang saraf ini. Dalam anatomi manusia, setiap pasangan saraf campuran menghubungkan tulang belakang ke bagian tubuh dan memiliki subkategori sendiri. Saraf serviks memberikan gerakan dan perasaan ke leher dan lengan. Bantuan saraf toraks dalam bernapas. Saraf lumbal adalah saraf tulang belakang yang merangsang kaki. Di saraf sakralis memfasilitasi proses pencernaan dan reproduksi dengan innervating kandung kemih, usus dan organ reproduksi.

 

Campuran saraf dapat melayani dua fungsi karena mereka cabang ke dua akar: satu terdiri dari serat sensorik dan satu terdiri dari serabut motorik. Akar saraf yang terbuat dari serat sensorik mengangkut informasi terkait persepsi seperti penglihatan, sentuhan dan bau dari tubuh ke sumsum tulang belakang. Akar saraf motorik mengirimkan impuls dari tulang belakang ke otot. Sifat biner saraf tulang belakang berarti bahwa tujuan tumpang tindih dengan saraf motorik dan saraf sensorik.