021 8690 6777, 8690 6771, 9529 3259
BB Pin: 2856BC08
 
Home   »   Blog
 
 
200_200_ginjal_plastik.jpg

Ginjal Manusia

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: d

Filename: home/article.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: home/article.php

Line Number: 11

01 January 1970 07:00

Dalam kehidupan sehari-hari manusia melakukan berbagai aktivitas.  energi untuk melakukan aktivitas tersebut berasal dari proses metabolisme dalam tubuh.  metabolisme dalam tubuh manusia tidak hanya menghasilkan zat-zat yang berguna bagi tubuh tetapi juga menghasilkan zat sisa.  zat sisa tersebut dinamakan zat sisa metabolisme tubuh.  zat-zat sisa tersebut kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui suatu sistem yang disebut sistem ekskresi. pengeluaran zat-zat ini harus dilakukan karena zat tersebut bersifat racun bahkan bisa menyebabkan kematian bila tidak dikeluarkan dalam tubuh.

 

sistem ekskresi manusia terdiri atas alat-alat ekskresi.  organ-organ ekskresi manusia berupa ginjal ..

 

a.  letak ginjal

 

ginjal terletak di sebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam rongga perut.  letak ginjal kiri lebih tinggi daripada ginjal kanan karena diatas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

 

b.  fungsi ginjale


  • membuang sisa metabolisme seperti urea, asam nitrat, kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
  • menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
  • mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh dan mengembalikannya ke saluran peredaran darah.

 

c.  struktur ginjal

 

ginjal tersusun atas tiga bagian, yaitu korteks, medula, dan pelvis.  korteks merupakan bagian luar ginjal.  sementara itu, bagian sebelah dalamnya disebut medula.  pelvis merupakan bagian dalam dengan ruang kosong.

pada bagian korteks terdapat nefron. pada manusia terdapat sekitar satu juta nefron.  setiap nefron terdiri atas badan malpighi dan saluran nefron.  badan malpighi mengandung glomerulus yang diselubungi oleh kapsula bowman.  glomerulus berupa anyaman pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula bowman berbentuk cawan berdinding tebal yang mengelilingi glomerulus.  glomerulus ini berhubungan dengan  arteriola aferen dan arteriola eferen.  saluran ginjal terdiri atas kapsula bowman, tubulus proksimal, lengkung henle, dan tubulus distal.

 

d.  gangguan atau penyakit ginjal


  • diabetes melitus 
  • batu ginjal
  • gagal ginjal kronis
  • nefritis
  • glomerulonefritis.